Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Tips Teknik penulisan karya ilmiah menggunakan Ms Word

Makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi sebagai sebuah karya ilmiah dalam penyusunannya harus selalu mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditentukan. Bagian terpenting tentu saja adalah isi dari karya ilmiah tersebut, namun teknik penulisan laporan karya ilmiah juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan darinya. Sebuah karya ilmiah yang mempunyai isi dengan bobot dan kualitas yang baik akan lebih sempurna jika teknik penulisannya juga selalu mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan.
Berikut akan disajikan teknik penulisan laporan karya ilmiah dengan menggunakan aplikasi microsoft word.

Pengaturan dasar penulisan.

  1. Pengaturan ukuran kertas dan marjin. Ukuran kertas dan marjin (batas tepi kertas : kiri, kanan, atas bawah) biasanya telah ditentukan aturannya. Untuk itu perlu diatur sebelum kita mulai mengetik, langkah-langkahnya sebagai berikut :
    1. Klik menu "Page Layout", "Size" kemudian klik pilihan ukuran kertas yang sesuai. Untuk kertas ukuran kwarto pilih Letter 8,5"x11", sedangkan untuk kertas ukuran A4 pilih A4.
    2. Untuk pengaturan marjin, masih dalam menu Layout, klik "Margin", kemudian klik "Custom margins" kemudian masukan batas atas (top), bawah (bottom), kiri (left) dan kanan (right) kertas sesuai aturan yang digunakan, biasanya pengaturannya sebagai berikut : atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm dan kanan 3 cm kemudian klik OK. Catatan : Jika ukuran dalam ms word belum dalam satuan cm ubah dulu menjadi satuan cm, caranya : (1) klik File (word 2016) kemudian (2) klik Options , (3) klik Advanced , geser ke bawah temukan "Display" kemudian pada "Show measurements in unit of" pilih centimeters, (4) klik OK
  2.  Setelah pengaturan kertas selesai, maka kita siap untuk mulai mengetik naskah. mulailah dengan mengetik judul, biasanya tulisan judul harus rata di tengah gunakan (klik) icons center aligment letaknya di RIbbon atas pada kelompok paragraph pilih center aligment. setelah judul selesai kemudian tekan Enter, dan lanjutkan dengan mengetik isi dari bab tersebut, jangan lupa untuk mengubah aligment dari center menjadi justify untuk mendapatkan tulisan yang rata kiri dan kanan. Biasanya pada awal paragraph tulisan harus menjorok lebih kedalam gunakan tombol TAB pada keyboard untuk melakukanya (jangan gunakan tombol spasi).
  3. Demikian seterusnya untuk bab-bab berikutnya sampai degan selesai.
Pengaturan lainnya
  1. Pengaturan penomoran bab, sub bab, dst. Ada berbagai aturan salah satunya misalnya menggunakan aturan angka romawi (I, II, III dst) untuk bab, kemudian huruf (A, B, C dst) untuk sub bab, kemudian angka (1,2,3 dst) untuk sub-subbab, selanjutnya a,b,c dst.
  2. Penomoran halaman. Penomoran halaman biasanya dilakukan terakhir jika penulisan seluruh naskah telah selesai. Jika penomoran halaman menggunakan aturan satu jenis saja misalnya di kanan atas maka lebih mudah dilakukan yaitu : (1)  klik menu Insert kemudian (2) klik Page Number pada kelompok Header&Footer. pilih sesuai aturan nomor halaman yang akan dibuat atas (top), bawah (bottom) dll. Jika penomoran halaman menggunakan aturan berbeda ikuti langkah-langkah berikut :
    • Pertama : setiap perubahan jenis halaman kita harus membuat section yang berbeda (section ditandai dengan nomor urut, dapat dilihat di bagian kiri bawah halaman ms word). misalnya halaman pengesahan s.d daftar table menggunakan nomor halaman bawah tengah dengan halaman i, ii, iii, iv dst maka pada akhir halaman daftar table harus kita putus section halaman tersebut dengan cara : (1) klik menu Layout (2) klik Page Breaks (3) pada section break klik Next page.
    • Pada setiap judul bab halaman di tengah bawah, sedangkan halaman berikutnya di kanan atas. Untuk mengatur halaman demikian langkahnya sama saja dengan yang diatas. Pada akhir dari baris terakhir pada halaman dengan Judul bab (1) klik menu Layout (2) klik Page Breaks (3) pada section break klik Next page. Demikian seterusnya untuk bab II, bab III dst.
    • Berikutnya barulah kita mulai mengisi halamannya.
0 Komentar untuk "Tips Teknik penulisan karya ilmiah menggunakan Ms Word"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info