Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Jenis-jenis Penelitian Ilmiah


Penelitian adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menemukan, mengembangkan atau menguji kebenaran dari prinsip atau teori melalui pengamatan, pengkajian teori yang terkait, pengumpulan data, dan menganalisa data-data tersebut melalui cara kerja dan/atau perhitungan yang didasarkan pada ilmu/teori khusus tentang analisa data sehingga diperoleh sebuah kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam buku Pedoman Penulisan Disertasi dan Tesis, Program Pascasarjana UNJ tahun 2012, hal 4 menyebutkan bahwa "Penelitian diartikan sebagai suatu proses mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data yang didukung oleh kajian konseptual dan kerangka teoritik dalam rangka memecahkan masalah untuk tujuan tertentu. Selanjutnya dalam buku tersebut disebutkan bahwa beberapa tujuan penelitian antara lain : mendeskripsikan atau menjelaskan, mengeksplorasi, menguji, menemukan, atau mengembangkan. Penelitian merupakan salah satu cara mendapatkan pengetahuan ilmiah. Setiap penelitian ilmiah memiliki karakteristik yaitu rasional/logis, empiris dan sistematis.
Secara umum terdapat dua pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, peneltitian dengan pendekatan kualitatif. (Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Dr. Supardi US, MM, M.Pd, 2013, h. 19). Penelitian dengan pendekatan kuantitatif biasanya dilakukan jika permasalahan sudah jelas, data yang terkait dapat diamati dan dapat diukur sehingga peneliti  dapat menguji hipotesis dan membuat generalisasinya. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan dalam situasi sosial dengan permasalahan yang kompleks dan dinamis. Dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk menggali lebih dalam tentang situasi sosial dalam permasalahan tersebut.
Selanjutnya dalam bukunya tersebut Dr, Supardi mengemukakan bahwa kedua pendekatan tersebut tidak dapat digunakan dalam penelitian secara bersama-sama.
Perbedaan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif :
Penelitian KualitatifPenelitian Kuantitatif
Inferensial (Populasi dan sampel)Kasus (Subjek penelitian)
Eksplanatif (menjelaskan)Eksploratif (mencari / menemukan
Mengukur (data numerik)Mengungkap (data kualitas)
Instrumen baku (berbasis instrumen)Peneliti sebagai instrumen (berbasis pengumpulan data)
Analisis setelah pengumpulan dataAnalisis bersamaan pengumpulan data
Tema : umumTema : khas / spesifik
Asumsi dasar : percayaAsumsi dasar : skeptis/ragu/tidak percaya
Modal dasar : banyak asumsi dan dapat digunakan untuk masalModal dasar : rasa ingin tahu dan ketekunan peneliti
Proses : Logiko-hipotetiko - verifikatifProses : Deskripsi - klasifikasi - seleksi
Prosedur penelitian : bakuProsedur : penelitian tentatif
Orientasi : penelitian hasil / produkOrientasi : penelitian proses
Sumber : Aplikasi statistika dalam penelitian, Dr. Supardi US, MM, M.Pd, hal 21

0 Komentar untuk "Jenis-jenis Penelitian Ilmiah"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info