Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Hakikat Model Pembelajaran

Model secara umum dapat diartikan sebagai contoh ideal baik itu berupa benda, keadaan, lingkungan, maupun suasana. Model selalu dikaitkan dengan sesuatu yang terbaik dan patut untuk ditiru/dicontoh. Model Pembelajaran secara umum juga merupakan perpaduan antara metode, materi, suasana, lingkungan dan bentuk interaksi yang ideal yang dipilih oleh guru untuk diterapkan di dalam kelas saat mengajar.
Berkaitan dengan model pembelajaran beberapa ahli mengemukakan pendapatnya sebagai berikut :
  1. Komarudin dalam "Kamus istilah Karya Tulis Ilmiah (Jakarta: Bumi Aksara, 2000, h 152) menyatakan bahwa model dapat dipahami sebagai: (1)Suatu tipe atau desain, (2) suatu   deskripsi atau analogi yang dipergunakan untuk membantu proses visualisasi sesuatu yang tidak dapat dengan langsung diamati, (3) suatu sistem asumsi-asumsi, data-data, dan inferensi-inferensi yang dipakai untuk menggambarkan secara matematis suatu objek atau peristiwa, (4) suatu desain yang disederhanakan dari suatu sistem kerja, (5) suatu terjemahan realistis yang disederhanakan, dan (6) penyajian yang diperkecil agar dapat menjelaskan dan menujukkan sifat bentuk aslinya.
  2. Joyce, B. dan Weil, M dalam "Models Teaching" (Boston : Ally and Bacon, 2000 h.13) menyatakan bahwa model pembelajaran adalah: “Suatu deskripsi dari lingkungan belajar yang menggambarkan   perencanaan, kursus-kursus, desain, unit-unit pelajaran dan pembelajaran, perlengkapan belajar, buku-buku pelajaran, buku-buku kerja, program multimedia, dan bantuan belajar melalui program computer”. Lebih lanjut dinyatakan bahwa "model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain."
  3. Rangke L. Tobing (1990:5), mengidentifikasikan lima karakteristik model pembelajaran yang baik, sebagai berikut:
    1. Prosedur ilmiah
      Suatu model pembelajaran dituntut untuk mempunyai sebuah procedural yang sistematis untuk mengubah tingkah laku peserta didik
    2. Spesifikasi hasil belajar yang direncanakan
      Suatu model pembelajaran menyebutkan model pembelajaran secara rinci  mengenai tampilan peserta didik dalam aktivitas sehari-harinya.
    3. Spekulasi lingkungan belajar
      Suatu  model  pembelajaran  menyebutkan  secara tegas kondisi lingkungan dimana respon peserta didik diobservasi.
    4. Kriteria penampilan
      Suatu model pembelajaran merujuk pada kriteria penampilan yang diinginkan oleh peserta didik.
    5. Cara-cara pelaksanaannya
      Semua model pembelajaran menyebutkan mekanisme yang menunjukkan reaksi dan interaksi siswa terhadap lingkungan.
  4. Wina Sanjaya (2011: 255), menyatakan model pembelajaran kontekstual adalah: “Suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka”. Sedangkan menurut Rusman (2012:190),  pembelajaran kontekstual adalah: “Konsep belajar yang dapat membantu guru menghubungkan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat”.
  5. Briggs (1978;23) menjelaskan, model adalah seperangkat prosedur
    yang berurutan untuk mewujudkan suatu proses, seperti penilaian
    kebutuhan, pemilihan media, dan evaluasi.
  6. Model pembelajaran disusun dengan memperhatikan ciri-ciri berikut :
    1. Berdasarkan teori Pendidikan dan teori belajar dari para ahli tertentu.
    2. Mempunyai misi atau tujuan Pendidikan tertentu.
    3. Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan KBM di kelas.
    4. Memiliki bagian-bagian model yang dinamakan: (1) urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax), (2) adanya prinsip-prinsip reaksi, (3) system sosial, dan (4) system pendukung.
    5. Memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran yang meliputi dampak pembelajaran dan dampak pengiring.
    6. Membuat persiapan mengajar (desai instruksional) dengan pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.
0 Komentar untuk "Hakikat Model Pembelajaran"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info