Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Kumpulan teori tentang belajar

Teori tentang belajar telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Teori-teori tersebut sangat bermanfaat terutama untuk mengembangkan metode, pendekatan dan media pembelajaran yang bermuara pada peningkatan hasil belajar peserta didik di sekolah. Diantara pendapat para ahli yang berkaitan dengan belajar antara lain : 
  1. Menurut Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono "Belajar merupakan tindakan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadinya proses belajar." (Dimyati dan Moedjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, h 7.) 
  2. Nasution dalam bukunya Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar terbitan Bumi Aksara Jakarta tahun 2006 hal 35 mengemukakan bahwa "belajar adalah suatu kegiatan yang membawa perubahan pada individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan, melainkan juga kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, penghargaan, minat, penyesuaian diri, atau mengenai segala aspek pribadi seseorang."
  3. Secara teknis belajar cerdas Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya Belajar cerdas: belajar berbasiskan otak yang diterbitkan oleh Mizan Learning Center tahun 2005 hal 52 menyarankan cara belajar cerdas sebagai berikut :
    1. Mulailah pelajari mekanisme otak kita dan menyesuaikan cara belajar kita dengannya.
    2. Karena otak sangat dipengaruhi makanan, maka makanlah makanan yang bukan saja menyehatkan tetapi juga mencerdaskan otak anda.
    3. Karena olah raga dapat menghasilkan "faktor" pertumbuhan yang mendorong pencabangan dendrit, belajarlah dengan banyak bergerak. Tingalkan cara belajar "kuno" dengan menghafal dengan duduk berjam-jam.
    4. Otak kita terus berkembang jika kita hidup dalam lingkungan yang penuh tantangan. Pelajarilah hal-hal baru, pecahkan masalah-masalah baru, atau hidup dalam lingkungan baru.
  4. Pengertian Belajar menurut Cronbach (1954, h 47) : Learning is shown by a change in behaviour as result of experience ; Belajar akan nampak sebagai sebuah perubahan tingkahlaku sebagai hasil dari pengalaman. Sedangkan menurut Spears (1955, h.94) : Learning is to observe, to read, to imited, to try something themselves, to listen, to follow direction. Belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti sesuai arahan. Disini proses belajar dapat dilakukan melalui interaksi dengan memanfaatkan pancaindera.
  5. Robert. M. Gagne dalam bukunya : The Conditioning of learning mengemukakan bahwa : Learning is a change in human disposition or capacity, wich persists over a period time, and wich is not simply ascribable to process of growth. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, dan bukan hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja. Selanjutnya Gagne mengemukakan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi. Dalam teori psikologi konsep belajar Gagne ini dinamakan perpaduan antara aliran behaviorisme dan aliran instrumentalisme.
  6.  Muhibbin Syah (2010; h. 90) dalam bukunya Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru terbitan PT. Remadja Rosdakarya (Bandung) mengatakan bahwa "Belajar ialah tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif"
  7. Sugihartono (2007; h. 74) dalam buku Psikologi Pendidikan (Yogyakarta : UNY Press menyatakan bahwa "Belajar merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi yang relatif permanen atau menetap karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya"
  8. Aspek tingkah laku seseorang yang mengalami perubahan sebagi hasil dari proses belajarnya diidentifikasi oleh Oemar Hamalik (2001; h. 30) meliputi : aspek pengetahuan, pengertian, kebiasaan, apresiasi, emosional, hubungan sosial, jasmani, etis atau budi pekerti dan sikap. (Oemar Hamalik (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. bumi aksara)
0 Komentar untuk "Kumpulan teori tentang belajar"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info