Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan serangkaian kegiatan belajar yang telah dirancang oleh guru. Sedangkan hasil belajar adalah segenap perubahan tingkah laku dan kemampuan peserta didik yang diperoleh sebagai akibat dari rangkaian kegiatan belajar yang diikutinya. Secara umum orang biasanya menganggap sama atau setidak-tidaknya mengartikan sama antara prestasi belajar dan hasil belajar. Bagaimana para ahli pendidikan memberikan batasan tentang kedua hal tersebut, berikut kutipannya :
- Winkel dalam bukunya Psikologi Pengajaran (2005; h.532) menyatakan "prestasi belajar adalah suatu hasil usaha yang telah dicapai oleh siswa yang mengadakan suatu kegiatan di sekolah yang dapat menghasilkan perubahan pengetahuan, sikap dan tingkah laku. Hasil perubahan tersebut diwujudkandengan nilai atau skor "
- Hasil belajar berkenaan dengan kemampuan siswa di dalam memahami materi pelajaran. Menurut Hamalik (2007: 31) mengemukakan, “hasil belajar pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, ablititas dan keterampilan”.
0 Komentar untuk "Kutipan Teori Tentang Prestasi Belajar"