Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Penulisan kata pengantar skripsi

Kata pengantar dalam susunan skripsi, makalah, maupun tulisan ilmiah yang lain merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Ibarat sebuah rumah, kata pengantar adalah bagian teras, sehingga merupakan bagian yang pertama kali di lihat saat kita akan bertamu. Dalam kata pengantar kita akan menemukan cerita singkat dibalik layar penyusunan sebuah tulisan ilmiah yang akan mengantarkan kita untuk menyelami lebih dalam tulisan tersebut.
Secara umum kata pengantar biasanya memuat hal-hal sebagai berikut :
  1.  Pada bagian awal penulis dapat menyampaikan gambaran sekilas tentang isi dari bahasan karya ilmiah yang dibuat. Minimal pada bagian ini penulis menyampaikan judul, tujuan penulisan karya ilmiah tersebut.
  2. Ucapan syukur dan terima kasih penulis bagi berbagai pihak yang telah membantu/berkontribusi dalam pengumpulan bahan dan penulisan karya ilmiah tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa karya ilmiah memang sejatinya tidaklah dapat berdiri sendiri dan 100% murni karya sendiri. Dibutuhkan pihak-pihak lain yang terkait erat untuk penyusunan karya ilmiah tersebut.
  3. Pada bagian penutup penulis dapat menyampaikan harapan dan manfaat umum dari karya ilmiah. Dapat juga ditambahkan permohonan masukan atas karya ilmiah yang ditulis tanpa menyebutkan bahwa karya ilmiah tersebut banyak kekurangan. Landasan untuk masukan lebih baik adalah untuk kesempurnaan karya tulis agar lebih bermanfaat secara luas.
  4. Tuliskan kota, tanggal, dan tahun penyelesaian penulisan karya ilmiah tersebut sebagai informasi bagi pembaca dimana dan kapan karya tulis tersebut diselesaikan. Dapat juga ditambahkan nama atau sekedar inisial dari penulis.
  5. Yang tidak kalah pentingnya adalah format penulisan kata pengantar harus mengikuti pedoman penulisan yang telah ada di lembaga pendidikan yang bersangkutan, misalnya jenis dan ukuran huruf, spasi, margin, ukuran kertas dan lain-lain.
Demikian ulasan singkat tentang kata pengantar dalam penulisan karya tulis ilmiah, skripsi, tesis, maupun disertasi, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Penulisan kata pengantar skripsi"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info