Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Kutipan teori tentang hasil belajar

Setiap kegiatan individu yang bermakna dan terencana tentu akan mendatangkan hasil. Hasil dari kegiatan merupakan perwujudan dari tujuan kegiatan yang nyata dan dapat diukur. Belajar merupakan kegiatan terencana dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh guru sebagai pengelola kegiatan belajar di kelas. Sehingga hasil belajar juga dapat diukur dengan alat ukur yang telah direncanakan pula sebelum kegiatan belajar dilakukan berupa evaluasi. Secara teoritis hasil belajar yang diharapkan adalah berupa perubahan tingkah laku pebelajar setelah mengikuti serangkaian kegiatan belajar yang direncanakan. Beberapa ahli telah mengemukakan pengertian, definisi dan ruang lingkup hasil belajar sebagai berikut :
  1. Nana Sudjana (2005:19) mengutip pendapat Gagne yang menyatakan bahwa "hasil belajar harus harus didasarkan pada pengamatan tingkah laku melalui stimulus respon" (Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
    Rosda Karya.)
  2. Hamalik (2007:155) mengemukakan pendapatnya bahwa "Hasil belajar tampak sebagai terjadi perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, sikap kurang sopan menjadi sopan dan sebagainya. (Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.)
  3. Berdasarkan Taksonomi Bloom, hasil belajar dalam rangka pembelajaran meliputi tiga kategori ranah, yaitu:
    1. Ranah kognitif, berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek, yaitu: Pengetahuan (C.1); Pemahaman (C.2); Penerapan (C.3); Analisis (C.4); Sintesis (C.5); Evaluasi (C.6).
    2. Ranah afektif, berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan, yaitu:
      a). Menerima
      b). Menjawab/ Reaksi
      c). Menilai Organisasi
      d). Karakteristik dengan suatu nilai
      e). Kompleks Nilai.
    3. Ranah psikomotor, meliputi:
      a). Keterampilan motorik
      b). Manipulasi benda-benda
      c). Koordinasi neuromuscular (menghubungkan, mengintai)
  4. a
0 Komentar untuk "Kutipan teori tentang hasil belajar"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info